Sistem Pendaftaran Seleksi Prestasi Khusus

"Institut Teknologi Sumatera"


Beranda

Wawancara peserta jalur prestasi khusus diadakan di tanggal
24 Agustus 2020 . Peserta dihimbau membawa seluruh bukti berkas asli yang diunggah ke usm-pk.itera.ac.id pada saat wawancara.

Surat pernyataan bersedia mengikuti aturan kampus ITERA (bermaterai)

Surat pernyataan bersedia mengembangkan unit kegiatan mahasiswa (UKM) di lingkungan ITERA (bermaterai)

Pendaftaran Telah ditutup pada 21 Agustus 2020, Pembayaran yang dilakukan pada tanggal setelah 21 Agustus 2020 Pukul 23:59 dianggap TIDAK VALID dan TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN

Hasil seleksi USM-PK 2020 dapat dilihat di link berikut.


Seleksi Berkas USM PK 2020

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, pada Tahun Akademik 2020/2021 akan menerima mahasiswa melalui 3 (empat) jalur seleksi, yaitu:

  • (i) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • (ii) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN);
  • (iii) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi.

Pada proses Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi terdapat dua jalur yang dapat dipilih oleh yaitu jalur ujian tertulis atau yang dikenal dengan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) dan penerimaan melalui jalur prestasi khusus.

Jalur seleksi prestasi khusus adalah salah satu jalur dalam proses penerimaan mahasiswa di ITERA yang mana telah dilaksanakan sejak Tahun Akademik 2018/2019.

Jalur seleksi prestasi khusus memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasyah Aliyah (MA) dari jurusan IPA, serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasyah Aliyah Kejuruan (MAK) yang memiliki prestasi khusus di bidang akademik, non akademik, serta bakat istimewa yang dimiliki oleh siswa.

Gambar 1. Skema jalur penerimaan mahasiswa baru di ITERA dan jalur prestasi khusus.